Inilah Tanda Kamu Harus Upgrade RAM Laptop

Upgrade RAM Laptop

Ponsel pintar dengan berbagai fitur canggih sudah semakin banyak diproduksi, tetapi peran laptop tentunya tak tergantikan. Ini berlaku terutama bagi beberapa profesi dan keperluan. Contohnya, seperti menyunting video membuat aplikasi, membuat desain grafis, dan juga animasi.

 

 

Nah, meskipun laptop yang kamu miliki mumpuni, tetapi ada kalanya kamu sebaiknya mempertimbangkan upgrade RAM laptop.

 

 

Upgrade RAM laptop ini penting karena selain bisa meningkatkan performa laptop, kamu tentunya juga bisa menyelesaikan beberapa masalah yang ada di dalamnya. Nah, mau tahu, kapan sih waktu yang tepat untuk kamu upgrade RAM laptop? Lebih baik kita simak di sini saja yuk:

 

 

Laptop Terasa Panas

 

Ketika laptop kamu terasa panas, maka ada beberapa hal yang sebaiknya kamu periksa. Pertama, kipas pada laptop. Bila kipas laptop tidak berfungsi dengan baik, risikonya adalah panas laptop yang tidak bisa dihilangkan.

 

 

Yang kedua adalah RAM. Kalau laptop kamu sudha mengeluarkan panas berlebih, padahal hanya menjalankan aplikasi-aplikasi ringan, maka ini saatnya bagi kamu buat menambah RAM untuk meningkatkan kinerjanya, ya.

 

 

Daripada kamu harus ganti laptop (dan membutuhkan biaya banyak), lebih baik tingkatkan saja RAM-nya. Laptopmu akan lebih nyaman digunakan, terasa seperti baru.

 

Aktivitasmu Banyak dengan Laptop

 

Kalau laptop sekadar alat buat nonton berita, Youtube, dan hal-hal sederhana lain, maka kamu tidak perlu menaikkan RAM.

 

 

Namun, kalau kamu menggunakannya untuk hal-hal yang lebih rumit, misalnya mengirim video film-film berat bermain game, upgrade RAM adalah sesuatu yang akan sangat dibutuhkan.

 

 

Upgrade RAM dapat mempercepat performa laptopmu, membuat beberapa pekerjaan jadi terasa mudah, dan tentunya membuat laptop menjadi anti-lagging.

Baca Juga :  Pre Order Redmi Note 7 di Bukalapak Aja

 

 

Laptop Memang Belum rusak

 

Bukan hanya aktivitas, usia dan kinerja laptop juga mempengaruhi keputusan Anda dalam meningkatkan RAM laptop. Apabila laptop sudah sangat tua dan rapuh, maka periksa dulu apakah laptop Anda masih mampu menjalankan fungsi-fungsinya usai proses upgrade RAM.

 

 

Selain itu lihat juga elemen-elemen lain dari laptop Anda. Pastikan semuanya masih berjalan dengan prima, karena kalau tidak, upgrade laptop justru malah akan bisa merusak.

 

 

Gampang Crash

 

Laptopmu gampang kres pada saat membuka aplikasi aplikasi tertentu padahal kamu sering sekali membuka aplikasi-aplikasi tersebut? Nah, kalau sudah begitu maka kamu layak memperhitungkan proses update RAM in.

 

 

Soalnya, crash dalam laptop akan sangat mengganggu dan tidak akan membuat pekerjaan menjadi maksimal. Bahkan, ini merupakan pertanda bahwa laptopmu tidak kuat menahan beban yang berat.

 

 

Grafis Patah-Patah

 

Saat menonton video Youtube, menonton film, atau bermain game, kamu melihat grafis patah-patah? Inilah pertanda kalau kamu memang harus upgrade RAM laptop. Selain mengganggu, ini merupakan sinyal bahwa laptop sudah tidak kuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang semestinya masih bisa ditolerir.

 

 

Namun sebelumnya harus dipastikan bahwa grafis yang patah-patah itu memang disebabkan oleh RAM yang terlalu rendah dan bukannya oleh sinyal. Karena, sinyal jelek pun dapat membuat grafis menjadi patah-patah, apalagi bila Anda menggunakan game online yang membutuhkan sinyal prima.

 

 

Itulah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebagai tanda bahwa laptop memang memerlukan upgrade RAM. Perhatikan kebutuhan Anda sendiri dan tentunya bujet yang Anda miliki ya.

 

 

Ketahui juga bahwa mengupgrade RAM laptop tidak lantas menyelesaikan masalah. Apabila mesin laptop sudah tak bisa bekerja dengan prima, maka yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengecek laptop secara keseluruhan.

Baca Juga :  iPhone 7 Red vs iPhone 7 Jet Black, Tentukan Selera Anda