Cara Menggunakan TV Tuner Android yang Wajib Anda tahu

tv tuner android

Pernahkah Anda merasa ingin nonton TV ketika sedang jauh dari rumah? Saat tak ada TV di dekat Anda, laptop atau komputer bisa jadi solusi menikmati siaran televisi. Namun, Anda membutuhkan satu alat yang akan membantu menangkap siaran televisi. Alat itu bernama TV tuner. Nah, selain bisa digunakan pada computer atau laptop, ternyata ada jenis TV tuner yang bisa digunakan pada Android yang sering disebut dengan TV tuner android. Lebih mudah terkoneksi dengan TV bukan jika memiliki tuner TV android? Anda tinggal memasangkannya di gadget lalu bebas menikmati siaran televisi sepuasnya. Kini Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana cara menggunakan TV tuner android. Sebelum kita masuk ke pembahasan tersebut, simak penjelasan singkat mengenai jenis TV tuner di bawah ini.

Jenis TV Tuner

  1. TV Tuner Eksternal

TV tuner jenis ini merupakan perangkat yang cukup membutuhkan monitor. Tanpa perangkat lainnya. Jadi, perangkat TV tuner eksternal bisa Anda gunakan pada monitor tanpa harus terhubung pada computer. Selain itu, macam TV tuner eksternal lainnya yang beredar di pasaran adalah TV turner combo yang bisa Anda gunakan dengan mencolok port-nya pada monitor.

  1. TV Tuner Internal

Jika tuner TV atau TV tuner eksternal hanya memerlukan monitor, TV tuner internal adalah kebalikannya. Anda memerlukan perangkat computer atau laptop untuk menggunakan jenis TV tuner ini. Langkah penggunaanya juga dimulai dengan mengunduh software atau drive tertentu. . TV tuner android adalah salah satu jenis TV tuner internal karena memerlukan pengunduhan sebelum digunakan. Kelebihan dari jenis satu ini adalah Anda bisa menyimpan siaran TV yang tengah berlangsung dalam format video dan bisa menontonnya kembali lain waktu. Cocok untuk Anda yang sibuk dan susah meluangkan waktu menonton TV pada waktu-waktu tertentu.

Baca Juga :  Rekomendasi Smartphone Huawei Terbaru 2018

TV Tuner Android dan Cara Penggunaannya

tv tuner android

Jika sebelumnya Anda menggunakan opsi steaming yangbermodalkan paket data di gadget android saat ingin menonton televisi, dengan TV tuner. Dengan menggunakan TV tuner, Anda sudah tidak lagi membutuhkan internet untuk bisa menikmati siaran televisi di dalam genggaman. Di pasaran kini, sudah banyak tersedia TV tuner berbagai merek dengan variasi harga yang bisa Anda beli sesuai dengan budget yang dimiliki. Umumnya harga satu buah TV tuner berkisar antara 200 hingga 300 ratus.

Ada beberapa kriteria jenis perangkat Android yang bisa dijhubungkan dengan TV tuner android. Apa saja sih kriterianya? Pertama, perangkat android Anda harus sudah menggunakan operation system terbaru atau minimal v4.1. perangkat android harus sudah dilengkapi dengan processor Dual-Core 1 Hz. Perangkat harus sudah mendukung OSB host atau OTG. Untuk jenis video MPEG-4/H.264, dibutuhkan processor yang sudah  memiliki dukungan NEON.

Salah satu produk TV tuner android yang beredar di pasaran adalah MyGica Pad TV Tuner DVB-T2 PT360. Berikut cara menggunakan TV tuner Android MyGica :

  • Sebagai langkah awal, Anda harus mengunduh sebuah aplikasi pada perangkat Android lewat playstore yang diberi nama PadTV HD secara gratis.
  • Selanjutnya, sambungkan Tv tuner android MyGica ke perangkat android Anda. Ingatlah untuk memasang kabel antenna sebelum TV tuner dihubungkan dengan gadget.
  • Ketika perangkat Android Anda tersambung dengan TV tuner android, maka akan keluar opsi untuk menjalankan aplikasi TV tuner yang sudah Anda unduh. Pilih pilihan yes atau ya.
  • Kemudian, TV tuner akan mulai beroperasi sendiri dengan mencari frekuensi stasiun. Oh iya, Anda harus terlebih dahulu memastikan lokasi pada pengaturan sudah diatur yaitu di Indonesia.
  • Ketika TV tuner sudah selesai mencari, Anda praktis sudah mendapatkan ragam channel siaran televisi Indonesia yang bisa dinikmati. Selamat mencoba.
Baca Juga :  Cara Jual Kamera dan Pilihan Kamera