Printer Foto Canon vs Epson: Mana yang Lebih Baik?

printer foto

Dahulu saat belum ada printer foto, para fotografer profesional tidak bisa melakukan apa-apa ketika hasil cetak foto tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun, kini para fotografer bahkan yang cinta dunia fotografi bisa tersenyum lebar karena hasil cetak foto yang sangat mendekati kenyataan. Hal ini tentu saja dikarenakan adanya printer foto yang telah banyak dibekai berbagai teknologi canggih sehingga mendukung terciptanya hasil cetak yang menawan.

Selama ini, produk-produk printer ternama yang mendunia adalah Canon, Epson, Hewlett-Packard (HP), dan lainnya adalah produk printer foto yang menciptakan printer khusus foto dengan kualitas mumpuni. Jika kamu bingung bagaimana memilih printer foto yang terbaik, berikut adalah review printer foto Canon Pixma pro-100 dan Epson L850 yang harus kamu tahu!

Printer Foto Canon vs Epson: Mana yang Lebih Baik?

  • Canon pixma pro-100 (printer dengan 8 tinta)

Printer Canon Pixma Pro-100 di Indonesia mulai di-release tahun lalu. Dengan desain body yang kuat dan elegan, printer ini terlihat cukup besar untuk kelasnya. Akan tetapi dengan kemampuan cetak kerta hingga ukuran A3 + dan jumlah individual cartridge yang banyak, hal ini pun jadi wajar adanya.  Tujuan utama Canon saat memproduksi printer ini tak lain tak bukan adalah untuk membantu para fotografer profesional dalam mencetak foto.

Yang paling menarik dari produk ini adalah Canon Pixma Pro-100 adanya kombinasi 8 tinta dengan individual cartridge yang terdiri dari Cartridge Canon CLI-42 Yellow / Magenta / Cyan / Photo Magenta / Photo Cyan / Black / Gray/ Light Gray. Dengan perpaduan tersebut, Canon memang berniat membuat printer ini untuk konsumen khusus mereka terutama fotografer yang ingin mencetak hasil foto mereka sendiri dengan hasil yang maksimal. Apalagi kini  banyak fotografer bermunculan dengan hasil foto yang benar-banar berkualitas.

Baca Juga :  iPhone 7 Red vs iPhone 7 Jet Black, Tentukan Selera Anda

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fitur FINE (Full-Photolithographic Inkjet Nozzle Engineering) technology, dimana kamu akan mendapatkan resolusi cetak hingga 4800 x 2400 dpi. Ditambah lagi, kamu akan merasakan adanya teknologi Chroma Optimizer yang akan membuat hasil cetak lebih tajam dan efek glossy yang lebih baik.

Jika kamu tertarik dengan produk printer ini, kamu bisa membelinya dengan harga sekitar 7 jutaan saja loh!

  • Epson L850

Produk Epson L850 ini adalah produk printer foto yang menggunakan sistem 6 tinta saat cetak fotonya. Hal yang perlu diketahui lebih jauh adalah, produk ini menggunakan tinta yang berbasis dye, dimana jenis tinta ini adalah jenis tinta yang paling mudah larut dalam air dan lebih mungkin untuk berpigmen. Sehingga kamu tentu saja akan mendapatkan hasil foto yang berwarna lebih cerah karena sifatnya yang pigmented tersebut.

Pada dasarnya, tiap printer yang menggunakan sistem 6 warna tinta memang mampu gambar dengan kualitas terbaik. Setup awal yang digunakan oleh produk printer ini adalah memang mengadopsi proses kerja Epson Surelab, dimana menggunakan dua magenta cahaya dan cahaya cyan ekstra yang diperuntukkan untuk menyingkirkan halftoning pada hasil cetak foto.

Seperti yang telah diketahui bersama, kejadian halftoning akan membuat hasil foto tak merata. Hal ini dikarenakan tetes tinta yang digunakan tidak merata sehingga menimbulkan bercak terang dan gelap pada hasil akhir cetak fotomu.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mendapatkan printer ini dengan harga 8 jutaan saja ya!