Cara Mudah Memakai Headset Bluetooth yang Benar

Cara Memakai Headset Bluetooth yang Benar

Inovasi headset mulai meninggalkan bentuk lamanya dengan kabel. Kabel pada headset kerap merepotkan para pengguna. Kabel pada headset dapat kusut ataupun menjadi penyebab headset mudah rusak dan tidak berfungsi.

Sekarang saatnya tinggalkan headset lama dengan yang baru. Yup, headset Bluetooth menjadi salah satu solusi untuk masalah headset akibat kabel. Inovasi headset tanpa kabel semakin berkembang karena pelucuran produk headset Bluetooth dari sejumlah merk smartphone ternama.

IPhone telah menghadirkan AirPods dengan teknologi charging case. Selanjutnya disusul oleh Xiaomi yang merilis AirDots dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak hanya sampai di situ, masih banyak brand teknologi lainnya yang merilis headset Bluetooth demi menarik perhatian para konsumen.

Headset Bluetooth sebetulnya sudah populer sejak lama. Sebut saja JBL, Samsung, Jabra, Bose dan brand audio lainnya telah menghadirkan produk headset tanpa kabel. Banyaknya merk yang mengeluarkan produk audio praktis ini bisa membuat Anda kebingungan dalam memilih headset Bluetooth.

Agar tidak bingung, Anda bisa memilih headset Bluetooth berdasarkan jenisnya. jenis headset Bluetooth di antaranya adalah one ear type, neck type, headphone type, dan complete separation type. Jenis yang sedang digandrungi para konsumen saat ini adalah complete separation type, jenis headset tanpa kabel yang paling baru. Headset ini berbentuk terpisah antara yang kiri dan kanan sehingga pemakaian jauh lebih praktis.

Sudah beli headset tanpa kabel tetapi Anda bingung cara menggunakannya? Atau sudah membeli tetapi tidak berfungsi dengan baik? Bisa jadi cara memakai headset Bluetooth anda yang salah. Jangan khawatir, berikut ini kami berikan cara mudah memakai headset Bluetooth yang benar. Berikut ini cara memakai headset Bluetooth yang benar dengan mudah, khususnya untuk para pengguna smartphone Android.

Baca Juga :  iPhone 7 Red vs iPhone 7 Jet Black, Tentukan Selera Anda

Cara Memakai Headset Bluetooth yang Benar

Cara Mudah Memakai Headset Bluetooth yang Benar

  1. Pastikan Fitur Bluetooth pada Android

Memastikan kompatibel headset dan smartphonenya adalah hal yang penting. Khususnya untuk brand yang berbeda, anda harus memastikan Bluetooth pada android anda dapat digunakan untuk headset Bluetooth yang anda beli. Jangan sampai headset Bluetooth tidak bisa digunakan hanya karena fitur yang tidak cocok dan tidak support. Biasanya smartphone yang bisa menggunakan headset Bluetooth adalah smartphone dengan Bluetooth versi 1.1. Untuk lebih jelasnya, anda bisa cek pada buku manual headset Bluetooth.

  1. Aktifkan Headset Bluetooth dan Mode Pairing

Headset bluertooth pada umumnya memiliki lampu indikator untuk menandakan nyala atau matinya perangkat tersebut. Jika tersedia tombol power, anda bisa menekan tombol tersebut untuk menyalakan headset. Khusus untuk produk terbari dari IPhone dan Xiaomi, headset Bluetooth dinyalakan dengan cara disentuh atau diketuk dua kali. Headset tersebut telah menggunakan fitur sentuh untuk pengaturan pada headset.

  1. Aktifkan Fitur Bluetooth pada Android

Fitur Bluetooth dapat anda atur pada bagian ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ di smartphone anda. Pilih Bluetooth, lalu aktifkan. Di bagian ini akan muncul perangkat yang Bluetooth yang ada di sekitar anda.

  1. Hubungkan Headset Bluetooth dengan Fitur Bluetooth pada Smartphone

Selanjutnya, hubungkan headset dengan Bluetooth. Bluetooth dapat terhubung jika jarak antara perangkat satu dengan yang lain cukup dekat. Dekatkan perangkat headset Bluetooth dengan smartphone anda hingga nama Bluetooth headset anda muncul pada pilihan ‘pairing devices’. Klik nama Bluetooth Anda dan headset pun siap digunakan.

Selamat mencoba!